Download Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Matematika SMA XI

Search Judul          : Download Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Matematika SMA XI
Kategory               : Download, Bahan Ajar , RPP , Silabus , SMA
Target Pembaca     : Guru Se Indonesia
Sumber                 : Matematrick
Publisher                : @kaktri_ppt19

Artikel                   :
Silabus RPP Kurikulum 2013
Berikut ini saya uploadkan Silabus dan Bahan Ajar Matematika untuk SD, SMP, dan SMA Kurikulum 2013 yang saya dapat dari hasil Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Guru Inti pada tanggal 4 Juli 2013 kemarin.
Kurikulum 2013 ini akan diberlakukan secara bertahap mulai tahun ajaran 2013-2014 melalui pelaksanaan terbatas, khususnya bagi sekolah-sekolah yang sudah siap melaksanakannya. Pada Tahun Ajaran 2013/2014, Kurikulum 2013 dilaksanakan secara terbatas untuk Kelas I dan IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah (SD/MI), Kelas VII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Kelas X Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA/MAK). Pada Tahun Ajaran 2015/2016 diharapkan Kurikulum 2013 telah dilaksanakan di seluruh kelas I sampai dengan Kelas XII.
Titik tekan pengembangan Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan.
Pengembangan Kurikulum 2013 dilaksanakan atas dasar beberapa prinsip utama. Pertama, standar kompetensi lulusan diturunkan dari kebutuhan. Kedua, standar isi diturunkan dari standar kompetensi lulusan melalui kompetensi inti yang bebas mata pelajaran. Ketiga, semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Keempat, mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai. Kelima, semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti. Keenam, keselarasan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian. Aplikasi yang taat asas dari prinsip-prinsip ini menjadi sangat esensial dalam mewujudkan keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.
Untuk mata pelajaran matematika, khususnya yang tingkat SMA/SMK, pengembangan pembelajaran matematika berbasis paham konstruktivisme. Buah pikiran ini didasari prinsip bahwa:
(1) setiap anak lahir di bumi, mereka telah memiliki potensi,
(2) cara berpikir, bertindak, dan persepsi setiap orang dipengaruhi budaya,
(3) matematika adalah produk budaya, yaitu hasil konstruksi sosial dan sebagai alat penyelesaian masalah kehidupan, dan
(4) matematika adalah hasil abstraksi pikiran manusia. Untuk itu diperlukan perangkat pembelajaran, media pembelajaran, asesmen otentik dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas.
Secara garis besar pokok bahasan matematika SMA kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
(1) Eksponen dan logaritma,
(2) Persamaan dan pertidaksamaan linier,
(3) Sistem persamaan dan pertidaksamaan linier,
(4) Matriks,
(5) Relasi dan Fungsi,
(6) Barisan dan Deret,
(7) Persamaan dan Fungsi Kuadrat,
(8) Trigonometri
(9) Geometri
(10) Limit Fungsi
(11) Statistika dan
(12) Peluang
Kemudian terkait dengan model pembelajaran matematika yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 secara singkat dapat dikatakan terbalik dengan apa yang selama ini dipraktikkan. Kalau dulu biasanya penanaman konsep terlebih dahulu baru kemudian menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang terkait dengan bab/pokok bahasan yang dibahas, maka dalam kurikulum 2013 adalah sebaliknya. Siswa disajikan dulu permasalahan dalam kehidupan nyata kemudian baru dikenalkan dengan konsep-konsep dan definisi-definisi.
Pembelajaran matematika yang diharapkan dalam praktek pembelajaran di kelas adalah
(1) pembelajaran berpusat pada aktivitas siswa,
(2) siswa diberi kebebasan berpikir memahami masalah, membangun strategi penyelesaian masalah, mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka,
(3) guru melatih dan membimbing siswa berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah,
(4) upaya guru mengorganisasikan bekerjasama dalam kelompok belajar, melatih siswa berkomunikasi menggunakan grafik, diagram, skema, dan variabel,
(5) seluruh hasil kerja selalu dipresentasikan di depan kelas untuk menemukan berbagai konsep, hasil penyelesaian masalah, aturan matematika yang ditemukan melalui proses pembelajaran.
Untuk kurikulum 2013 ini, guru tidak lagi dibebani dengan pembuatan silabus. Semua sudah disiapkan oleh Pusat. Guru tinggal menyusun dan mengembangkan RPP sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar yang juga sudah ditetapkan oleh Pusat.
Berikut ini Buku Pegangan Guru Matematika dan Buku pegangan Matematika untuk Siswa yang dapat anda unduh di bawah ini.
Untuk RPP dan Silabus akan saya upload di postingan setelah ini. Jika ada request atau ada yang membutuhkan file-file terkait dengan implementasi kurikulum 2013 silahkan anda tulis melalui kolom komentar di bawah postingan ini.
Ada file sebesar 8 GigaByte lebih yang kemarin saya dapatkan dari hasil diklat kurikulum 2013 dari tingkat SD sampai SMA yang tidak mungkin saya upload semua di sini.
Demikian postingan tentang Silabus, RPP, dan Bahan Ajar Matematika Kurikulum 2013, semoga bisa memberi manfaat dan untuk dapat disebarluaskan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »